Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ponijo, Marketplace UMKM Kampung Bangirejo


PONIJO atau Pasar Online Bangirejo
merupakan sebuah Marketplace bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kampung Bangirejo, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.  

Ide ini muncul berawal dari Pasar Tiban yang pernah diadakan di kampung Bangirejo, dan pemikiran maju para pengurus untuk menggiatkan kembali Pasar Tiban secara online. Maka dibuatlah grup WA yang berisi para pelaku UMKM yang ada di Bangirejo, antara lain penjual daster, kerudung, sepatu, peyek, beras dan lain-lain.  Satu persatu peserta mulai masuk dalam WAG Pasar Online Bangirejo.  Setiap hari terjadi transaksi penjualan, seperti kebutuhan pokok, masker dan baju.  Dalam satu minggu, setiap transaksi yang bernilai diatas Rp 50.000,00 akan diundi pada hari Jumat Berkah, dengan undian pulsa senilai Rp 25.000,00.

Melihat kemajuan dan banyaknya transaksi yang begitu pesat, terbesit pemikiran oleh salah satu pemerhati Pasar Online Bangirejo, untuk dikembangkan lebih luas lagi penjualannya.  Maka dibuatlah website https://www.pasaronlinebangirejo.com ,  atau yang lebih dikenal dengan PONIJO.  Dengan semangat untuk melayani dan memajukan kampung Bangirejo terutama UMKM, website ini dikerjakan secara marathon dan dengan biaya swadaya atau bisa dikatakan Rp 0,-.


Sesi pemotretran dilakukan setiap hari Sabtu atau Minggu saat admin PONIJO libur.  Tidak berhenti hanya sampai pembuatan web online saja, namun masih berlanjut dengan meng"iklan"kan link setiap produk yang ada di web PONIJO ke marketplace dan media sosial, dengan maksud agar semakin banyak yang mengunjungi web Pasar Online Bangirejo atau PONIJO.

Dari web inilah mulai terlihat potensi-potensi yang dimiliki kampung Bangirejo yang selama ini ditenggelamkan.  Kemandirian admin PONIJO menjadi semangat para UMKM untuk maju bersama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan warga kampung Bangirejo.

salam TUMBAS.

Post a Comment

0 Comments