Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Peresmian PONIJO, Bukti Perubahan dan Kemajuan Masyarakat Bangirejo

 Camat Tegalrejo bapakTaokhid, SIP, M.Si,  lurah Karangwaru ibu Sulasmi, SIP bersama admin PONIJO dan pelaku UMKM kampung Bangirejo

Jumat Wage, 30 Oktober 2020, menjadi momentum yang bersejarah bagi kampung Bangirejo, yaitu dengan peresmian marketplace PONIJO, Pasar Online Bangirejo.

PONIJO atau Pasar Online Bangirejo merupakan sebuah Marketplace bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kampung Bangirejo, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.  

PONIJO, Pasar Online Bangirejo merupakan transformasi dari sebuah pasar tiban yang pernah diadakan di kampung Bangirejo.  Dari transaksi secara offline, dirubah  menjadi online, dengan dibuatnya grup WA Pasar Online Bangirejo dan website https://www.pasaronlinebangirejo.com .

baca juga :  Ponijo, Marketplace UMKM Kampung Bangirejo

Walaupun masih berusia muda, setiap hari selalu ada transaksi di WAG Pasar Online Bangirejo, mulai dari kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, kuliner, snack sampai dengan fashion.

Pada peresmian ini, admin PONIJO mengundang camat Tegalrejo bapakTaokhid, SIP, M.Si,  dan lurah Karangwaru ibu Sulasmi, SIP, juga para pelaku UMKM kampung Bangirejo.

Acara yang diselenggarakan dengan sederhana ini juga menerapkan protokol kesehatan, dimana sebelum memasuki balai Bangirejo, wajib cuci tangan, cek suhu dengan termogun, diberi hand sanitaizer serta memakai masker.

Diawali dengan pengantar dari Andri admin PONIJO yang menyampaikan embrio pasar online berawal dari pasar tiban yang diselenggarakan setiap hari minggu pada tahun 2018.  Berlanjut  pasar Ramadhan yang diadakan setiap sore hari, namun kegiatan ini tidak dapat berlangsung karena pendaan yang habis.

Selain itu dengan adanya pandemi Covid-19 maka segala kegiatan pasar tiban berhenti total.  Namun dengan semangat yang tinggi, maka pada awal bulan Oktober 2020 dibuatlah grup WA yang berisi para pedagang pasar tiban.

Berlanjut dengan pembuatan web PONIJO dengan harapan UMKM dapat hidup kembali dan perekonomian bergulir kembali serta dapat meningkatkan income UMKM kampung Bangirejo.

Lurah Karangwaru ibu Sulasmi, SIP

Pada sambutannya, ibu Sulasmi, SIP selaku lurah Karangwaru,  mengatakan sangat bangga sekali dengan adanya PONIJO, karena pada masa pandemi ini warga kampung Bangirejo tetap semangat dengan menggeliatkan PONIJO.  Ibu Sulasmi, SIP juga berharap PONIJO tidak hanya untuk kampung Bangirejo, namun kampung yang lain bisa bergabung dan berkolaborasi.

Usai sambutan dari lurah Karangwaru, acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat website PONIJO, pada kesempatan ini admin PONIJO menjelaskan fitur-fitur website PONIJO.  

Camat Tegalrejo bapakTaokhid, SIP, M.Si

Bapak Taokhid, SIP, M.Si camat Tegalrejo pada sambutannya menyampaikan bahwa kampung Bangirejo melangkah lebih maju dengan membuat sebuah inovasi pembaharuan yang luarbiasa, yang mampu mendorong pengembangan ekonomi masyarakat di Kampung Bangirejo.

Bapak Taokhid, SIP, M.Si menambahkan bahwa aplikasi online ini terbuka dan dapat menembus ruang dan waktu yang tidak dibayangkan sebelumnya.  Pada masa pandemi Covid-19 PONIJO menawarkan dua keunggulan, ada penawaran dan pembelian secara online, sehingga aman tidak ada kontak langsung.

PONIJO sebagai bentuk pemulihan perekonomian, akibat pandemi Covid-19 terjadi perubahan yang luar biasa, semua orang dituntut untuk menyesuaikan diri, dan warga kampung Bangirejo dapat beradaptasi, dengan cara memberdayakan diri, melalui PONIJO.

Selain memberikan apresiasi kepada admin PONIJO, bapak Taokhid, SIP, M.Si berharap, dalam upaya pengembangan PONIJO perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak maupun lembaga-lembaga terkait.  Akhir kata bapak Taokhid, SIP, M.Si mengatakan, PONIJO dapat menjadi sebuah momentum perubahan dan kemajuan masyarakat kampung Bangirejo.

Salam TUMBAS.

Galeri foto klik disini.

Post a Comment

0 Comments